Kaprodi Pendidikan Bahasa Arab UNADA Banda Aceh Diundang Sebagai Pemateri Dalam Talk Show Membangun Karir

Senin, 22 Juli 2024, Juli 22, 2024 WIB Last Updated 2024-07-22T03:14:39Z


Langsa - Dalam rangka kegiatan tahunan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (HMJ Prodi PBA) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Cot Kala Langsa,  mengelar kegiatan Talk Show dengan tema “Membangun Karir Cemerlang, peluang kerja bagi lulusan Bahasa Arab" pada Rabu 17 Juli 2024. Sebagai pembicara hadir Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Al Washliyah Darussalam (UNADA) Banda Aceh Rosalinda, S PdI, MA. 


Kehadiran Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Arab disambut baik oleh mahasiswa dan para dosen di lingkungan FTIK IAIN Cot Kala. Kegiatan ini diselenggarakan di Aula Barat IAIN Langsa yang dibuka langsung oleh Wakil Dekan III Bapak Dr. Muhaini, MA dan turut hadir Ka. Prodi Pendidikan Bahasa Arab Bapak M. Fadhil, M.Pd. juga beberapa dosen di Prodi PBA.


Rosalinda selaku pemateri, menyampaikan bahwa, " Lulusan Bahasa Arab memiliki peluang dan prospek kerja yang tidak kalah dengan program studi lainnya dalam hal karir. Menjadi lulusan Bahasa Arab tidak hanya menjadi guru ngaji atau guru di madrasah atau pesantren seperti anggapan yang ada pada masyarakat kita pada hari ini."


Ia juga mengajak kepada semua peserta khususnya mahasiswa Bahasa Arab untuk melakukan persiapan yang matang dalam menentukan karir pada masa yang akan datang sesuai dengan perkembangan zaman yang serba digital. Persiapan karir adalah langkah awal yang penting dalam membangun karir yang sukses. 


"Mahasiswa harus memahami bahwa karir yang cemerlang tidak hanya bergantung pada gelar akademis yang disandangnya, tetapi juga pada keterampilan dan pengalaman yang diperoleh selama kuliah. Oleh karena itu, persiapan karir harus dilakukan secara matang dan terencana, " lanjutnya.


Ditambahkannya, ada beberapa tips yang dapat membantu mahasiswa dalam mempersiapkan karirnya secara matang, diantaranya: Pendidikan yang kuat, Pengembangan keterampilan yang berkelanjutan, Percaya diri, Time Management yang baik, Membangun atau membuat portofolio dan Memperluas networking.


Pada sesi terakhir, pemateri yang sering disapa dengan Ocha ini juga memotivasi mahasiswa untuk tetap semangat dalam merampungkan kuliah, terus mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, yakin serta percaya diri dengan pilihannya pada hari ini.  


"Membangun karir yang cemerlang memerlukan persiapan yang matang dan tekad yang kuat dan Mahasiswa mempersiapkannya sejak dini. Dengan demikian, mereka dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang cemerlang di dunia kerja nantinya, " demikian ujarnya.


Red

Komentar

Tampilkan

Terkini

Seputar%20Nanggroe

+